Blog Orang Tua yang ingin mengenalkan kepada anaknya Dasar-Dasar Agama


Sapta Rsi Penerima Wahyu dalam Hindu



Kata Sapta Rsi berasal dari bahasa Sansekerta dari kata Sapta dan Rsi. Kata Sapta artinya tujuh dan Rsi artinya bijaksana, pendeta, seorang pertapa, penulis, penyair, dan orang suci. Jadi Sapta Rsi artinya tujuh orang pendeta atau orang suci yang menulis wahyu-wahyu Veda dari Sang Hyang Widhi. Ada tujuh Maharsi penerima wahyu Sang Hyang Widhi, yaitu: Maharsi Grtsamada, Maharsi Visvamitra, Maharsi Vamadeva, Maharsi Atri, Maharsi Bharadvaja, Maharsi Vasistha, dan Maharsi Kanva.
Maharsi-maharsi yang mampu menerima wahyu Sang Hyang Widhi, memiliki kehidupan dan pola hidup yang suci. Beliau selalu menjalankan dan mengamalkan ajaran agama Hindu dengan baik. Berikut ini penjelasan
secara singkat bagaimana kehidupan para Maharsi penerima wahyu tersebut.

1. Maharsi Grtsamada
Maharsi Grtsamada adalah seorang Maharsi yang berasal dari keluarga Angira. Dalam kehidupannya, Maharsi Grtsamada sangat disiplin dalam melaksanakanritual-ritual keagamaan. Setiap pagi melaksanakan sūrya sewana, membaca, doa pada siang dan sore, serta selalu melakukan perenungan diri dengan melaksanakan meditasi secara rutin. Beliau adalah seorang Maharsi yang sangat rajin dan tekun dalam mendekatkan diri ke hadapan Sang Hyang Widhi. Maharsi Grtsamada sangat berjasa bagi umat Hindu. Beliau mengumpulkan mantra-mantra Regveda, kemudian mantra-mantra tersebut beliau tulis menjadi kitab Regveda Mandala II.

2. Maharsi Visvamitra
Maharsi Visvamitra adalah Maharsi penerima wahyu Regveda Mandala III. Sebelum menjadi Maharsi, Maharsi Visvamitra adalah seorang ksatria. Beliau meninggalkan kerajaannya dan melakukan tapa bratha ke dalam hutan. Setelah melakukan tapa bratha yang begitu tekun dan disiplin, akhirnya beliau mendapat anugerah menjadi Maharsi. Beliau adalah raja terkenal yang sangat memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Keuletan beliau dalam melaksanakan meditasi, membuat beliau mampu mendengar sabda suci Sang Hyang Widhi yang kemudian beliau kumpulkan dan tulis menjadi kitab Regveda Mandala III.

3. Maharsi Vamadeva
Maharsi Vamadeva adalah seorang Maharsi yang sangat suci. Beliau sering bicara dengan Dewa Indra juga berbicara dengan Dewa Aditi. Kemampuan beliau ini menunjukkan bahwa beliau memiliki kelebihan dibandingkan orang kebanyakan. Maharsi Vamadeva sejak kecil selalu berdisiplin diri untuk mendekatkan diri kepada Sang Hyang Widhi, sehingga beliau mendapat wahyu. Wahyu yang beliau terima menjadi Regveda Mandala IV.

4. Maharsi Atri
Maharsi Atri menyusun Regveda Mandala V. Maharsi Atri lahir di lingkungan keluarga Brāhmanā, terlahir di keluarga Brāhmanā, masa kecil beliau terbiasa hidup dengan tatanan kehidupan seorang Brāhmanā. Kehidupan seorang Brāhmanā selalu mendekatkan diri kehadapan Sang Hyang Widhi. Maharsi Atri adalah seorang Rsi yang disiplin dan tekun dalam melaksanakan ajaran agama. Setiap hari beliau selalu melaksanakan meditasi untuk mendekatkan diri dengan Sang Hyang Widhi.

5. Maharsi Bharadvaja
Maharsi Bharadvaja sangat berjasa dalam mengumpulkan ayat-ayat Regveda Mandala VI. Sebagian besar ayat-ayat Regveda diterima oleh beliau karena kesucian hatinya. Maharsi Bharadvaja selalu berpikiran suci beliau rajin mendekatkan diri kehadapan Sang Hyang Widhi, sehingga beliau menerima wahyu. Ketekunan beliau dalam menyusun mantra-mantra Regveda, maka dari itu kita wajib meneladani perilaku luhur beliau.

6. Maharsi Vasistha
Maharsi yang banyak dikaitkan dengan turunnya wahyu Regveda Mandala VII adalah Maharsi Vasistha. Nama Maharsi Vasistha banyak disebutkan dalam Kitab Mahabharata. Maharsi Vasistha adalah seorang Maharsi yang tekun dan penuh semangat. Beliau tinggal di hutan Kamyaka. Beliau belajar di tempat yang sepi dan sunyi, beliau banyak mendapat wahyu Regveda, mantra-mantra yang diterima oleh Maharsi Vasistha disusun menjadi Regveda Mandala VII.

7. Maharsi Kanva
Maharsi yang ketujuh penerima wahyu Sang Hyang Widhi adalah Maharsi Kanva. Maharsi Kanva adalah orang suci yang tekun menjaga kesucian diri, karena ketekunan beliau menjaga kesucian, beliau mendapat wahyu dari Sang Hyang Widhi. Selain itu, beliau juga sangat dikagumi karena kesabaran dan kebijaksanaannya. Wahyu-wahyu yang diterima beliau susun menjadi Regveda Mandala VIII.

Labels: Dasar Hindu

Thanks for reading Sapta Rsi Penerima Wahyu dalam Hindu. Please share...!

0 Komentar untuk "Sapta Rsi Penerima Wahyu dalam Hindu"

Back To Top