Blog Orang Tua yang ingin mengenalkan kepada anaknya Dasar-Dasar Agama


Catur Warna Penggolongan Profesi dalam Hindu



Secara etimologi catur warna berasal dari kata catur yag berarti empat dan warna yang diartikan sebagai fungsi atau profesi. Jadi catur warna adalah empat penggolongan masyarakat berdasarkan fungsi dan profesinya. Dengan demikian warna bisa berubah setiap saat sesuai dengan fungsi dan profesinya sehingga penggolongan ini tidak diturunkan, misalnya bila ayah seorang ksatriya tidak otomatis anaknya menjadi ksatriya.

Bagian catur warna meliputi :
1.   Brahmana 
Brahmana merupakan orang yang menekuni kehidupan spiritual keagamaan, para cendikiawan yang bertugas untuk memberikan pembinaan rohani dan spiritual. Atau seseorang yang memilih fungsi sosial sebagai rohaniawan.
2.   Ksatriya 
Ksatriya merupakan orang yang bekerja / berprofesi di bidang pertahanan / keamanan dan pemerintahan.  Atau seseorang yang memilih fungsi sosial sebagai kepala pemerintahan, para pegawai negeri, polisi, tentara dan sebagainya.
3.   Waisya
Waisya merupakan orang yang bekerja dibidang ekonomi, yang bertugas untuk mengatur perekonomian atau seseorang yang memilih fungsi sosial menggerakkan perekonomian. Misalnya pengusaha, pedagang, investor dan sebagainya.
4.   Sudra
Sudra merupakan orang yang bekerja membantu orang lain atau seseorang yang memilih fungsi sosial sebagai pelayan. Misalnya karyawan pabrik, para pegawai swasta dan sebagainya.


Labels: Dasar Hindu

Thanks for reading Catur Warna Penggolongan Profesi dalam Hindu. Please share...!

0 Komentar untuk "Catur Warna Penggolongan Profesi dalam Hindu"

Back To Top